Bussines Model Canvas Of nulisbuku.com


Assalamualaikum teman-teman :)

Kali ini aku menulis tentang Bussines Model Canvas nulisbuku.com. Bagi teman-teman yang suka membaca buku mungkin tidak asing dengan website ini. Ok sekarang aku jelaskan sedikit tentang nulisbuku.com.



nulisbuku.com merupakan sebuah platform yang mewadahi bagi penulis-penulis amatir untuk menerbitkan atau memasarkan buku mereka tanpa mealaui proses yang panjang dan ribet,selain itu penulis juga bisa menentukan harga buku mereka sendiri yang telah di terbitkan,penulis tidak di kenai biaya sepeser pun dalam menerbitkan bukunya ini alias gratis.

Bagaimana teman-teman udah ada gambaran tentang website ini? pasti udah terbayang-bayang dong hehe :D aku langsung jelaskan saja ya Bussines Model Canvasnya.



Bussines Model Canvas Of nulisbuku.com
Bussines Model Canvas adalah sebuah model bisnis yang terdiri dari 9 aktivitas kunci yang juga sudah di gunakan oleh perusahan-perusahaan besar untuk memetakan strategi mereka dalam memasarkan produknya agar bisa tetap konsisten dan eksis di pasaran.

Berikut 9 langkah di dalam business model canvas:
1.      Key partners
adalah pihak-pihak yang menjalin kerjasama dengan perusahaan tersebut
key partner dari nulisbuku.com :
·         Penulis
·         Website promotions
2.      Key activities
Adalah kegiatan-kegiatan utama apa saja yang perlu dilakukan oleh founder nulisbuku.com agar dapat memberikan nilai tambah dengan baik.
Key activities nulisbuku.com:
·         Jasa-jasa pelayanan mandiri (online self publishing, print on demand)
·     Marketing menyediakan marketplace sebagai tempat penjualan buku yang sudah di publish di nulis buku.com
·         Membagikan atau mempublikasikan karya penulis terhadap pembaca
3.      Key resource
Adalah masukan utama yang digunakan setiap perusahan untuk menciptakan nilai proposinya,melayani segments pelanggan dan mengantarkan produk ke pelanggan.
Key resource nulisbuku.com:
·         Karya penulis
·         Free Templates
·         Free Register
·         Pembaca/pembeli
·         Pencetakan buku
4.      Value propositions
adalah alasan mengapa pelanggan memilih kita dibandingkan yang lain, bisa di sebut juga sebuah keunggulan.
Value propositions nulisbuku.com:
·         Penulis amatir bisa langsung menerbitkan/mengupload bukunya di nulibuku.com
·         Waktu penerbitan cepat
·         menyediakan semacam marketplace, atau toko buku online dimana penulis bisa menjual dan mempromosikan buku mereka di sana
·         Nulisbuku menyediakan layanan mereka yang one stop place, mulai dari cetak lalu marketplace dan layanan pre-publishing dan marketing.
5.      Customer relationships
adalah cara suatu organisasi menjalin ikatan dengan pelanggannya, baik pelayanan yang baik kepada pelanggan sampai sarana dan prasarana yang nyaman menjadi bentuk hubungan yang baik antara pelanggan dan perusahaan.
Relationship nulisbuku.com:
·         nulisbuku.com tidak hanya menjalin hubungan baik dengan costumers nya namun juga dengan para penulis penulis bukunya. Untuk costumer nulisbuku.com menyediakan layanan ”how to shop” untuk mengetahui cara untuk belanja buku bagus di nulisbuku.com, sedangkan untuk para penulisnya ada yaitu “how to self publish” untuk mempublikasikan karya yang telah mereka tuliskan.
6.      Channel
adalah sarana bagi suatu organisasi untuk menyampaikan Value proposition (manfaat yang ditawarkan) kepada customers segment yang dilayani
channels nulisbuku.com :
·         Penjualan melalui melalui website mereka sendiri dan bekerja sama dengan media partner seperti Chip online id, Tekno kompas.com, DailySocial, Detik i net, The Jakarta Post
7.      Customer segments
Adalah Pengidentifikasian pelanggan mana yang akan dilayani berdasarkan kebutuhan dan atribut yang berbeda untuk memastikan penerapan strategi perusahaan sesuai dengan karakteristik kelompok klien yang dipilih.
Customer segments nulisbuku.com:
·         penulis kalangan muda hingga tua, didalam nulisbuku.com memungkinkan untuk     siapa saja tuk berkaraya,dan menyalurkan ide-ide mereka dalam sebuah buku yang di publiskan di nulisbuku.com
·      pecinta buku nulisbuku.com di ciptakan untuk siapapun berkarya dengan cepat ,mudah dan gratis.pecinta buku juga bisa membaca,mempublis hingga menjual buku di nulisbuku.com
·    pebisnis muda nulisbuku.com juga membidik pebisnis muda,biasanya pebisnis muda banyak menuangkan tips untuk berbisnis di sebuah buku.
8.      Cost structure
adalah biaya-biaya yang dikeluarkan dalam menjalankan model bisnis tertentu.  Pada waktu kita mengembangkan produk, memasarkan produk, menjaga hubungan dengan pelanggan maupun layanan purna jual tentu membutuhkan biaya. Biaya-biaya dapat dihitung dengan mudah pada saat kita belajar mengenai Key Resources, Key Activities dan Key Parnerships.
Cost structure nulisbuku.com:
·         Service>> jasa pelayanan mandiri(Contine self, Publishing,  Print on deman)
·         Marketing R & D >>  Menyediakan toko online, Mempublikasikan karya  penulis   kepada para pembaca
·         People cost
9.      Rivenue streams
dalam BMC akan kita isi dengan berbagai cara untuk menghasilkan keuntungan dari value proposition kita.
Revenue Streams dalam nulisbuku.com:
·         karya penulis => setiap karya yang diterbitkan akan dijual oleh penulis itu sendiri. Penulis bisa menentukan harga dari buku yang ia terbitkan dan juga melebihi biaya produksi. nulisbuku.com akan mengambil keuntungan dari biaya produksi buku yang dipesan oleh pembaca.


Mungkin itu saja dari aku teman-teman. Mohon maaf jika ada salah kata karena manusia tidak akan luput dari kesalahan. Cieee :D semoga bermanfaat :)

Wassalamualaikum teman-teman :)