Assalamualaikum teman-teman
:)
Kali ini aku menulis
tentang Bussines Model Canvas nulisbuku.com. Bagi teman-teman yang suka membaca
buku mungkin tidak asing dengan website ini. Ok sekarang aku jelaskan sedikit
tentang nulisbuku.com.
nulisbuku.com merupakan sebuah platform yang mewadahi bagi penulis-penulis amatir untuk menerbitkan atau memasarkan buku mereka tanpa mealaui proses yang panjang dan ribet,selain itu penulis juga bisa menentukan harga buku mereka sendiri yang telah di terbitkan,penulis tidak di kenai biaya sepeser pun dalam menerbitkan bukunya ini alias gratis.
Bagaimana teman-teman
udah ada gambaran tentang website ini? pasti udah terbayang-bayang dong hehe :D
aku langsung jelaskan saja ya Bussines Model Canvasnya.
Bussines
Model Canvas Of nulisbuku.com
Bussines Model Canvas adalah
sebuah model bisnis yang terdiri dari 9 aktivitas kunci yang juga sudah di
gunakan oleh perusahan-perusahaan besar untuk memetakan strategi mereka dalam
memasarkan produknya agar bisa tetap konsisten dan eksis di pasaran.
Berikut
9 langkah di dalam business model canvas:
1.
Key
partners
adalah pihak-pihak yang menjalin
kerjasama dengan perusahaan tersebut
key partner dari nulisbuku.com :
·
Penulis
·
Website promotions
2.
Key
activities
Adalah kegiatan-kegiatan utama apa saja
yang perlu dilakukan oleh founder nulisbuku.com agar dapat memberikan nilai
tambah dengan baik.
Key activities nulisbuku.com:
·
Jasa-jasa pelayanan mandiri (online self
publishing, print on demand)
· Marketing menyediakan marketplace
sebagai tempat penjualan buku yang sudah di publish di nulis buku.com
·
Membagikan atau mempublikasikan karya
penulis terhadap pembaca
3.
Key
resource
Adalah masukan utama yang digunakan
setiap perusahan untuk menciptakan nilai proposinya,melayani segments pelanggan
dan mengantarkan produk ke pelanggan.
Key resource nulisbuku.com:
·
Karya penulis
·
Free Templates
·
Free Register
·
Pembaca/pembeli
·
Pencetakan buku
4.
Value
propositions
adalah alasan mengapa pelanggan memilih
kita dibandingkan yang lain, bisa di sebut juga sebuah keunggulan.
Value propositions nulisbuku.com:
·
Penulis amatir bisa langsung menerbitkan/mengupload
bukunya di nulibuku.com
·
Waktu penerbitan cepat
·
menyediakan semacam marketplace, atau
toko buku online dimana penulis bisa menjual dan mempromosikan buku mereka di
sana
·
Nulisbuku menyediakan layanan mereka
yang one stop place, mulai dari cetak lalu marketplace dan layanan
pre-publishing dan marketing.
5.
Customer
relationships
adalah cara suatu organisasi menjalin
ikatan dengan pelanggannya, baik pelayanan yang baik kepada pelanggan sampai
sarana dan prasarana yang nyaman menjadi bentuk hubungan yang baik antara
pelanggan dan perusahaan.
Relationship nulisbuku.com:
·
nulisbuku.com tidak hanya menjalin
hubungan baik dengan costumers nya namun juga dengan para penulis penulis
bukunya. Untuk costumer nulisbuku.com menyediakan layanan ”how to shop” untuk
mengetahui cara untuk belanja buku bagus di nulisbuku.com, sedangkan untuk para
penulisnya ada yaitu “how to self publish” untuk mempublikasikan karya yang
telah mereka tuliskan.
6.
Channel
adalah sarana bagi suatu organisasi
untuk menyampaikan Value proposition (manfaat yang ditawarkan) kepada customers
segment yang dilayani
channels nulisbuku.com :
·
Penjualan melalui melalui website mereka
sendiri dan bekerja sama dengan media partner seperti Chip online id, Tekno
kompas.com, DailySocial, Detik i net, The Jakarta Post
7.
Customer
segments
Adalah Pengidentifikasian pelanggan mana
yang akan dilayani berdasarkan kebutuhan dan atribut yang berbeda untuk
memastikan penerapan strategi perusahaan sesuai dengan karakteristik kelompok
klien yang dipilih.
Customer segments nulisbuku.com:
·
penulis kalangan muda hingga tua,
didalam nulisbuku.com memungkinkan untuk
siapa saja tuk berkaraya,dan menyalurkan ide-ide mereka dalam sebuah
buku yang di publiskan di nulisbuku.com
· pecinta buku nulisbuku.com di ciptakan
untuk siapapun berkarya dengan cepat ,mudah dan gratis.pecinta buku juga bisa
membaca,mempublis hingga menjual buku di nulisbuku.com
· pebisnis muda nulisbuku.com juga
membidik pebisnis muda,biasanya pebisnis muda banyak menuangkan tips untuk
berbisnis di sebuah buku.
8.
Cost
structure
adalah biaya-biaya yang dikeluarkan
dalam menjalankan model bisnis tertentu.
Pada waktu kita mengembangkan produk, memasarkan produk, menjaga
hubungan dengan pelanggan maupun layanan purna jual tentu membutuhkan biaya.
Biaya-biaya dapat dihitung dengan mudah pada saat kita belajar mengenai Key
Resources, Key Activities dan Key Parnerships.
Cost structure nulisbuku.com:
·
Service>> jasa pelayanan
mandiri(Contine self, Publishing, Print
on deman)
·
Marketing R & D >> Menyediakan toko online, Mempublikasikan
karya penulis kepada para pembaca
·
People cost
9.
Rivenue
streams
dalam BMC akan kita isi dengan berbagai
cara untuk menghasilkan keuntungan dari value proposition kita.
Revenue Streams dalam nulisbuku.com:
·
karya penulis => setiap karya yang
diterbitkan akan dijual oleh penulis itu sendiri. Penulis bisa menentukan harga
dari buku yang ia terbitkan dan juga melebihi biaya produksi. nulisbuku.com
akan mengambil keuntungan dari biaya produksi buku yang dipesan oleh pembaca.
Mungkin itu saja dari
aku teman-teman. Mohon maaf jika ada salah kata karena manusia tidak akan luput
dari kesalahan. Cieee :D semoga bermanfaat :)
Wassalamualaikum teman-teman
:)
Emoticon